Photobucket SELAMAT DATANG DI:http://ahmadsyahbio.blogspot.com Sebagai kumpulan bacaan di ambil dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan kita semoga bermanfaat silahkan tinggalkan komentar anda...terimakasih.

Selasa, 24 Agustus 2010

Sale Pisang





SALE AMBON ASAP
Jika kita pergi ke suatu tempat tentunya kita akan melihat banyak perbedan dan kesamaan. Salah satu perbedaan terletak dari makanan atau oleh-oleh khas dari daerah itu. Sekarang kita melanggkahkan kaki ke sebelah seletan dari ciamis dan berbatasan langsung denagn jawa tengah, ya MANGUNJAYA… dari kecamatan ini kita akan disuguhkan salah satu pengana khas, ya walau sekarang sudah ada di mana-mana terutama di ciamis. Apa ya?? Ya. Benar sale ciamis.
            Sale berkembang di Mangunjaya sudah sejak tahun 80 an, tahun ketahun sale mengalami perubahan dari sale glotok, sale tusuk, sale asap, sale sabuk, sale lidah, sale gulung, sale oval, dan sale-sale lain yang memang terbuat dari pisang siem. Tapi selain pisang siem sudah dikembangkan lagi ke sale ambon, salah satu primadona di Mangunjaya, ya walau kurang begitu terkenal di kota-kota besar, karna kadar asamnya yang tinggi yang dapat mengakibatkan maag seseorang kambuh, tapi itu hanya terjadi pada orang-orang yang tak punya aturan dalam porsi makan sale ambon itu sendiri.
            Ya …. Tanpa panjang lebar, kali ini saya akan menyajikan penganan sale yang memang sudah tidak dijumpai lagi, emm apa ya?? ya, sale ambon asap. Sale ini dulu sangat digemari oleh orang-orang kota, tapi sesuai dengan perjalanan sale, sale ambon asap ini pun tersisikan dan tidak diproduksi lagi. Lantasgimana ya cara membuatnya ??? pingintau ???
            Proses pembuatan sale ambon asap terbagi menjadi 4 tahap untuk siap jual. Tahap pertama kita siapkan pisang ambon yang sudah masak, tapi ada satu hal yang bisa membuat hasil salenya bagus yaitu proses pemasakan pisang yang utama yaitu denagn menggunakan karbit (proses meuyeum). Pisang-pisang yang sudah masak masuk ke tahap kedua yaitu, dikupas dibelah menjadi dua setelah itu pisang dijemur dibawah terik matahari selama dua sampai tiga hari. Hal ini agar kadar air dalam pisang berkurang.
            Tahap selanjutnya adalah tahap ketiga, setelah pisang dijemur selama dua sampai tiga hari kemudian pisang diopen diatas bara sekam padi setiap malam selama dua atau tiga malam dan siangnya pisang juga dijemur.
            Jika tahap demi tahap sudah dijalankan maka tahap terakhir yaitu tahap keempat adalah pengemasan dan siap untuk dijual, biasanya isinya tiap bungkus berisi delapan sampai sepuluh buah sale ambon asap.
Jangan lupa ya… kalau main ke Mangunjaya bawa oleh-olehnya ya sale gitoh.


Doni Prasetyo



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Previous Next Home